Selasa, 13 Januari 2009

Jagalah Kesehatan Stamina Tubuh Mu !!!

Bebas Pilih Atasi Radikal Bebas

Image

Rokok menebar maut. Setiap hari 11.000 perokok aktif meninggal dunia. Artinya tiap menit 7 orang menemui ajal. Padahal, mereka cuma mengisap 15% zat beracun dalam rokok. Sedangkan 85% racun seperti amonia, hidrogen, sianida, dan nikotin mereka bagikan kepada perokok pasif.
Rokok bukan satu-satunya sumber radikal bebas. Udara tercemar oleh polutan dan asap kendaraan bermotor, makanan berpengawet, zat pewangi, dan gas kimia juga penyumbang radikal bebas. Pun sayuran dan buah berpestisida.


Mengenal Lebih Jauh Tentang Kolesterol

Image

Kolesterol dalam tubuh yang berlebih akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan suatu kondisi yang disebut aterosklerosis yaitu penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini merupakan cikal bakal terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Kolesterol yang kita butuhkan tersebut, secara normal diproduksi sendiri oleh tubuh dalam jumlah yang tepat. Tetapi ia bisa meningkat jumlahnya karena makanan ekstern yang berasal dari lemak hewani, telur dan yang disebut sebagai makanan sampah (junkfood).


Warisan Penggerus Gula Darah

Image

Jumlah pasien diabetes mellitus di Indonesia terbanyak keenam di dunia. Dalam 20 tahun, prevalensi kencing manis yang semula hanya 1,7% melonjak menjadi 14,7%. Padahal, Indonesia kaya tanaman obat yang berfaedah meredakan kadar gula darah, seperti sambiloto Andrographis paniculata.

Keampuhan sambiloto menurunkan kadar gula darah dikenal sejak nenek moyang. Mereka meyakini kandungan zat pahit pada sambiloto menetralkan rasa manis akibat kadar gula darah tinggi. Kepercayaan itu terbukti secara empiris. Pantas bila cerita tentang khasiat ki oray-sebutan sambiloto dalam bahasa Sunda-terwariskan hingga sekarang.


Purwoceng Teruji klinis mampu meningkatkan testosteron

Image

Daun dan batang purwoceng terbukti meningkatkan kadar hormon testosteron sekaligus libido. Ratusan silam nenek moyang kita sudah menggunakannya sebagai afrodisiak dan mengembalikan energi setelah seharian bekerja.

Itu yang mendorong dr. Taufiq R Nasihun Sp And, dokter di Semarang, Jawa Tengah, membuktikannya. Dokter spesialis andrologi itu menguji purwoceng secara praklinis dengan jasa tikus putih sprangue dawley. Taufiq mengelompokkan satwa pengerat itu dalam 6 grup masing-masing 10 ekor.

15 Makanan Yang Bisa Bikin Gemuk PDF Print
Image

Ini dia 15 jenis makanan yang gampang membuat gemuk. Kalaupun tidak bisa menyingkirkannya dari daftar menu, gantilah dengan jenis yang rendah kalori dan bebas lemak, atau tidak terlalu sering mengonsumsinya. Pure kentang. Apalagi jika proses pengolahannya menggunakan krim dan mentega. Bayangkan, 1/2 mangkuk saji saja sudah mengandung 200 kalori!, Permen. Selain mengandung jenis lemak jahat, kadar gulanya juga sangat tinggi. Begitu pula panganan sejenis seperti donat, cake dan bolu gulung...


Lebaran Mengundang Kolesterol

Image

Jutaan penduduk di tanah air berpotensi terkena penyakit akibat kolesterol tinggi. Hal ini terutama bagi mereka yang merayakan lebaran tiap tahunnya, yang sering mengonsumsi makanan-makanan berlemak tinggi seperti opor, kari dan gulai kambing secara berlebihan. Penyakit diabetes juga mengancam. Apalagi selama puasa, pola makan tidak teratur dan didominasi makanan manis sehingga mengandung kadar gula tinggi.
Menurut pakar kecantikan dan kebugaran yang juga dokter umum Sonia Wibisono, sebagian besar masyarakat Indonesia mengonsumsi segala jenis makanan, terutama makanan khas daerah, saat merayakan Idul Fitri. Padahal, hampur semua makanan khas di Tanah Air menggunakan santan, seperti opor ayam di jawa, rendang di Padang, dan segala macam gulai, apakah itu ikan, kambing ataupun daging sapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar